Selasa, 27 Desember 2011

BERTANGGUNGJAWABLAH !!!

Alkisah, ada seorang calon pimpinan perusahaan yang baru menyelesaikan studynya. Ia diminta untuk segera terjun ke perusahaan setelah ia menyelesaikan masa studynya. Dan secara kebetulan, perusahaan sedang dilanda sebuah masalah pelik, kliennya tidak mau membayar tagihan pekerjaan akibat kesalahan administrasi. Padahal pekerja lapangan harus dibayar, bahan baku harus segera diselesaikan. Dan hanya karena masalah kesalahan adminstrasi, bank tidak mau mencairkan cek.

Sebut saja namanya Aru. Aru diam sejenak sambil memikirkan langkah selanjutnya. Akhirnya ia putuskan untuk mencaritau dan turun kelapangan. Dan benar saja, dokumen yang ia temukan tidak sesuai standar dalam hal penomoran berkas (sepele). Akhirnya ia menghubungi seluruh stakeholder pusat mulai dari bagian akuntansi, hrd, administrasi untuk kemudian meminta izin untuk menyelesaikan masalah ini tanpa melewati jalur birokrasi yang bertele - tele. Setelah mendapat penjelasan, akhirnya tugas ini diserahkan pada Aru.

Seminggu berjalan, bagian akuntansi tidak terlihat murung lagi. Mereka mulai ceria karena Aru berhasil membuat pemberkasan sesuai standar sehingga bank mau mencairkan uang tagihan klien dan gaji serta bahan baku proyek dapat terlunasi. Walaupun pada akhirnya, menyelesaikan bermacam tugas ini bukan merupakan tanggung jawab Aru, tapi ia memilih untuk mengambil alih tanpa diminta.

"Harga dari sebuah kesuksesan adalah TANGGUNG JAWAB"
-Winston Churcill-

Tanggung jawab adalah sebuah kata yang penuh makna dan sangat berat dilaksanakan. Mungkin kita sebisa mungkin menghindari kata itu, karena resiko yang ditimbulkan bisa sangat besar. Saya membagi tanggung jawab itu ke dalam 3 kategori :
  1. Tanggung jawab pada diri sendiri. Agar diri kita merasa aman, tentram dan damai. Kita perlu hati - hati dalam mengelola hal ini, karena berhubungan dengan aspek mental maupun fisik
  2. Tanggung jawab pada pihak yang lebih tinggi (TUHAN)
  3. Tanggung jawab pada pihak yang kita kelola (bawahan/tanggungan)
Jangan Menghindar dari tanggung jawab dan Jangan meminta tanggung jawab
Tanggung jawab / amanah merupakan sesuatu yang akan dimintai laporannya di akhir nanti. Kebanyakan kita merasa, ketika sudah mengerjakan tanggung jawab secara fisik, maka tugasnya selesai. Padahal, masih ada tanggung jawab melaporkan dan meyakinkan akan keefektifan kerja. Berfikirlah bahwa kita mempunyai sense of belonging akan sebuah tanggung jawab yang besar (perusahaan) tidak hanya bagian kita saja (unit). Cobalah untuk mengambil tanggung jawab manakala memang dirasa mampu.

Salam hangat selalu

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More