Selasa, 07 Februari 2012

Gambaran Umum Akuntansi

Menurut AICPA, akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi yang bersifat keuangan dengan cara yang berdaya guna dalam bentuk satuan uang dan menginterpretasikan hasil proses tersebut. Akuntansi dapat dikatakan sebagai SENI bila mengacu pada keleluasaan penggunaan/pemilihan metode dan prosedur serta teknik pencatatan sesuai dengan kebutuhan pengguna akuntansi. Sedangkan akuntansi bisa juga disebut PROSES manakala dilihat dari rangkaian prosedur atau langkah-langkah untuk menghasilkan informasi keuangan yang digunakan sebagai alat untuk mengambil keputusan.


Akuntansi menghasilkan informasi yang dituangkan dalam laporan keuangan/ finansial statement. Informasi tersebut merupakan data atau fakta yang diolah dengan cara tertentu sehingga bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan atas informasi tersebut. Menurut saya, kewajiban penerbitan laporan keuangan oleh pihak manajemen itu bergantung pada pihak yang membutuhkan. Karena klo pihak yang berkepentingan tidak menghendaki adanya laporan keuangan, mubazir juga kan dibuat :p, tapi biasanya/normalnya Laporan keuangan itu WAJIB dibuat entitas, sebagai bentuk transparansi.


Pengguna informasi keuangan dapat berasal dari dalam maupun luar perusahaan meliputi;
1. Manajemen
Manajemen sebagai pihak yang berkepentingan langsung terhadap laporan keuangan akan menggunakan informasi tersebut sebagai pengendalian, pengkoordinasian, perencanaan operasi perusahaan dan pengambilan keputusan.
2. Karyawan
Karyawan biasanya berkepentingan terhadap informasi akuntansi yang berkaitan dengan gaji dan upah yang akan diterima sesuai dengan kontribusi karyawan terhadap perusahaan.


Pihak luar perusahaan / ekstern
1. Pemilik atau pemegang saham
Pemilik atau pemegang saham berkepentingan untuk mengetahui perkembangan perusahaan dalam mencapai tujuan. Informasi tersebut digunakan untuk mengambil keputusan apakah akan mempertahankan perusahaan ataukah akan menjual sahamnya.
2. Kreditur
Kreditur berkepentingan terhadap keamanan dana yang dipinjamkan dan tingkat bunga yang akan diperolehnya. Mereka hanya bekepentingan terhadap likwiditas atau kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya dalam jangka pendek.
3. Pemerintah 
pemerintah berkepentingan terhadap pajak yang akan diterima dari laba kana pajak perusahaan. Selain itu pemerintah akan menilai ketaatan perusahaan terhadap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku


Bidang kerja Akuntansi
1. Akuntansi keuangan adalah bidang bidang akuntansi yang menyediakan laporan keuangan untuk pihak luar perusahaan.
2. Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang memberikan informasi kepada manajemen mengenai pengumpulan biaya dan harga pokok produksi, perencanaan dan pengendalian biaya.
3. Akuntansi manajemen adalah bidang akuntansi yang memberikan informasi pada manajemen untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan. Umumnya infomasi ini lebih mendalam dan digunakan sebagai pengambil keputusan dan tidak dipublikasikan.
4. Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mempelajari rancang bangun (desain) prosedur-prosedur untuk pengumpulan, penciptaan, dan pelaporan data akuntansi yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
5. Pemeriksaan (auditing) adalah bidang akuntansi yang mempelajari prinsip, prosedur, dan teknik pemeriksaan laporan keuangan untuk memberikan pendapat tentang kewajaran laporan keuangan.
6. Perpajakan adalah bidang akuntansi yang mempelajari peraturan perpajakan dan pengaruh transaksi terhadap peraturan prpajakan dan memberikan pertimbangan atas tax planing (perencanaan pajak) serta memberikan alternatif meminimalkan pajak selama tidak bertentangan dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
7. Anggaran adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan untuk jangka waktu tertentu serta menganalisa dan mengontrolnya untuk masa yang akan datang.
8. Akuntansi pemerintahan adalah bidang akuntansi yang memberikan informasi kepada kepala pemerintahan atas unit-unit organisasi pemerintahan mengenai keuangan negara sehingga dapat dilakukan pengawasan terhadap keuangan negara.


Profesi akuntansi
Secara garis besar profesi yang berkaitan dengan bidang akuntansi dapat digolongkan menjadi :
1. Akuntan publik
Yaitu profesi akuntansi yang memberikan jasanya kepada masyarakat berupa:
a. Pemeriksaan secara independen atas laporan keuangan untuk memberikan pendapat atas kewajaan laporan keuangan.
b. Pembuatan sistem akuntansi
c. Konsultasi pajak.
d. Konsultasi studi kelayakan proyek untuk investasi.
2. Akuntan intern
Yaitu profesi akuntansi yang bekerja pada perusahaan swasta. Jasa-jasa yang dapat diberikan meliputi
a. Controlership yaitu mengawasi dan bertanggungjawab atas segenap aktivitas akuntansi di perusahaan.
b. Akuntansi keuangan yaitu membuat laporan keuangan untuk pihak eksternal
c. Akuntansi biaya yaitu memberikan informasi biaya dalam pengumpulan harga pokok produksi.
d. Internal auditing yaitu melakukan evaluasi dan pemeriksaan terhadap sistem akuntansi perusahaan
e. Anggaran (budgeting) yaitu membuat rencana aktivitas perusahaan dimasa yang akan datang dalam satuan moneter
3. Akuntan pemerintah
Yaitu profesi akuntansi yang bekerja pada lembaga pemerintahan. Tugasnya adalah memeriksa pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara.
Akuntan pemerintah meliputi :BPK, BPKP dan Dirjend pajak.
4. Akuntan pendidik
Yaitu profesi akuntansi yang bekerja sebagai pendidik terutama yang bekerja dalam dunia pendidikan akuntansi yaitu mengajar, menyusun kurikulum, melakukan penelitian dan pengembangan dibidang akuntansi




KEGIATAN PERUSAHAAN DAN SIKLUS AKUNTANSI
Dari kegiatan usahanya perusahaan dapat digolongkan menjadi
1. Perusahaan Jasa yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa kepada masyarakat meliputi perusahaan jasa transportasi, konsultasi, media massa, telekomukasi, perhotelan dan rumah makan
2. Perusahaan Dagang yaitu perusahaan yang bergerak di bidang jual beli barang dan mendistribusikannya kepada konsumen. Perusahaan bentuk ini meliputi super market, grosir, distributor , toko pengecer.
3. Perusahaan Manufaktur/ Pengolahan yaitu perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi atau bahan setengah jadi menjadi barang jadi yang kemudian siap untuk dijual kepada konsumen. Perusahaan dalam kelompok ini meliputi perakitan, pengolahan hasil pertanian , peternakan dan perikanan serta kehutanan.


Siklus akuntansi
Siklus akuntansi adalah tahap-tahap yang harus dilalui dalam proses akuntansi. Tahap-tahap tersebut adalah sebagai berikut :
1. Analisis transaksi
2. Mencatat ke dalam jurnal.
3. Meringkas ke buku besar (posting)
4. Membuat neraca saldo
5. Membuat penyesuaian berdasarkan informasi yang up to date (terkini)
6. Membuat neraca saldo setelah penyesuaian
7. Menyusun laporan keuangan
8. Menutup buku dengan membuat jurnal penutup
9. Membuat neraca saldo setelah penutupan


Laporan Keuangan
Fungsi utama dari laporan keuangan adalah menyediakan informasi bagi pemakai atau pihak-pihak yang berkepentingan atas laporan keuangan tersebut.
Laporan keuangan terdiri dari :
1. Neraca
2. Laporan Laba/Rugi
3. Laporan Perubahan Modal
4. Laporan Arus Kas
Neraca adalah laporan posisi keuangan yang menggambarkan aktiva (kekayaan) perusahaan, kewajiban, dan modal yang dimiliki perusahaan pada periode tertentu.
Laporan laba/rugi >> Laporan perubahan modal>> Neraca


-fitrah all burman-

1 komentar:

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
:)
twitter : @profiluii

kunjungan balik ya gan :)

Poskan Komentar

Terima Kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More