Senin, 19 November 2012

Loss, cost dan expense

Tiba - tiba pengen belajar akuntansi biaya (lagi),,, apa sih bedanya cost, expense dan loss ??? klo org awam artikannya biaya. Padahal belum tentu bagi anak ekonomi khususnya akuntansi dalam mengartikan hal tersebut. Saya ingin mengutarakan pendapat saya mengenai hal ini.
  1. EXPENSE dapat diartikan sebagai pengorbanan sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan dlm satuan moneter baik yang telah terjadi maupun yang akan terjadi (telah diprogramkan/direncanakan) untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi setidaknya ada 4 aspek disini : Sumber daya ekonomi, satuan moneter, sedang/telah terjadi dan tujuan yg hendak dicapai.
  2. COST adalah aktiva (assets) yang dikorbankan untuk mendapatkan aktiva (assets) dalam bentuk yang lain dan dinyatakan dalam satuan moneter #akbi. Pengorbanan aktiva untuk mendapatkan aktiva dengan bentuk lain biasa disebut dengan istilah harga pokok atau harga perolehan aktiva yang bersangkutan. Jadi yang tau akuntansi biasanya arti dari cost bukan biaya, melainkan harga pokok
  3. LOSS merupakan pengorbanan aktiva (assets) yang dinyatakan dalam satuan moneter dengan tidak mendapatkan imbalan atau kembalian apapun. Jadi menurut saya, istilah Loss cenderung pada kehilangan.
Dari hal diatas dapat kita peroleh kesamaan bahwa ketiganya sama - sama melakukan pengorbanan. Malahan saya berasumsi bahwa expense bila memang ada hal yang akan terjadi (timbal balik manfaat ekonominya) disebut cost, sedangkan bila tidak ada timbal baliknya disebut Loss,, hehehe, mohon koreksi bila saya keliru. Namanya juga belajar :D

-fitrah all burman-

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More